Home » » PEMUDA PENENTU MASA DEPAN BANGSA

PEMUDA PENENTU MASA DEPAN BANGSA

Written By Unknown on Rabu, 10 Juli 2013 | 10.20


Segala puji bagi Allah Swt. Segala sesuatu tunduk kepada-Nya. Segala sesuatu tegak karena Dia. Semua yang fakir kaya karena Dia; semua yang hina, mulia karena Dia; semua yang lemah, kuat karena Dia. Dia tegakkan semua yang tertunduk. Dia mendengar setiap kata yang terucap. Dia tau setiap rahasia yang tersembunyi dalam diam. Dia menafkahi segala yang hidup. Semua yang mati kembali kepada-Nya.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabiyullah Muhammad Saw. Dialah wujud kasih sayang Allah bagi semesta alam. Dialah cahaya kehidupan yang menyinari setiap jiwa yang tunduk merendah. Allah mengutusnya dengan agama yang dikenal dan ilmu yang melekat.
Waktu terus berjalan, beberapa era telah kita arungi sekarang kita sudah memasuki era globalisasi, dan era apa lagi yang akan kita masuki. Walaupun bencana terjadi dimana-dimana, namun sang khaliq tetap terus mengadakan penciptaan. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan ini masih tetap mempunyai generasi. Generasi inilah yang nantinya akan menjadi penentu masa depan bangsa.
Kajian kali ini yang akan saya sampaikan adalah PEMUDA PENENTU MASA DEPAN BANGSA.
Pemuda dianggap melambangkan semangat yang tak pernah redup..
Pemuda dianggap melambangkan keberanian yang tak pernah luntur..
Pemuda dianggap melambangkan kekuatan yang tak pernah hancur...
Sobat-sobatku para calon pemimpin masa depan...
Masa muda adalah masa yang penuh dengan harapan, masa muda adalah masa yang penuh dengan cita-cita, masa muda adalah masa yang penuh dengan romantika kehidupan yang indah. Keindahan yang dihiasi dengan bentuk fisik yang kuat, berjalan masih cepat, pandangan masih akurat, pikiran masih cermat, kulit wajah indah mengkilat. Maka pantas saja bila pemuda menjadi salah satu penentu maju dan mundurnya suatu bangsa dan negara. Sebab terbukti sejak dahulu kala hingga saat ini sampai masa yang akan datang sesuai dengan fitrahnya pemuda menjadi tulang punggung sebuah bangsa dan negara, penerus estafet pembangunan masa depan bangsa dan negara. Banyak buku-buku yang menyebutkan hal tersebut, banyak pula pidato-pidato yang menyebutkan hal itu termasuk dalam pidato saya. Memang benar pernyataan itu, karena usia manusia tidak ada yang abadi, yang telah menua akan segera berganti dan pemudalah yang akan menggantikannya.
SEKARANG PEMUDA, BESOK AKAN JADI PEMIMPIN
KH. Zainuddin Mz (alm) tak selamanya kan...menjadi dai sejuta umat, lalu siapa yang akan menggantikannya??? Prof Ali Aziz tak selamanya akan menjadi dai internasional, lalu siapa yang akan menggantikannya???
Mamah Dedeh tak selamanya akan menjadi bu nyai tempat curhat, lalu siapa yang akan menggantikannya??? nah satu lagi,
Angelina Sondak tak selamanya akan menjadi koruptor, lalu siapa yang akan menggantikannya??? Na’udzubillah min dzalik..
Sobat-sobatku yang dirahmati Allah...
Pertanyaannya sekarang adalah pemuda seperti apakah yang diharapkan bangsa kita? Tentu saja jawabannya bukan pemuda yang suka menghabiskan waktunya dengan bersantai-santai saja, bukan pemuda yang pasif, bukan pemuda yang tidak mau bersungguh-sungguh untuk berkarya demi umatnya. Pemuda yang dimaksud adalah pemuda yang berkualitas, ia haruslah seseorang yang dinamis, aktif, kreatif dalam berkarya, revolusioner, dan tidak kalah pentingnya adalah beriman dan bertaqwa.
Yang pertama, Dinamis. Karena kehidupan ini tidak selamnya berada diatas, bisa saja langsung meluncur ke titik terbawah dalam hidup. Oleh karena itu, pemuda yang dinamis peka dalam menyikapi perubahan, sanggup bertahan dari pada orang yang tidak peka menyikapi perubahan.
Kedua, aktif berkarya dalam membuat perubahan lebih baik dari pada terus berdiam diri menunggu seseorang merubah keadaan. Firman Allah Swt. QS. Ar Ra’d:11.
Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan mereka sendiri.
Ketiga, pemuda yang kreatif akan memiliki beribu-ribu ide cemerlang, dan banyak solusi dalam menghadapi setiap permasalahan yang datang.
Keempat, Revolusioner. Pemuda pun harus siap menjalankan perannya sebagai seorang revolusioner, menjadi agent of change bagi masyarakat dari tidak baik menjadi baik, dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Karena kehebatan jiwa muda penuh semangat yang dimiliki para pemuda Rosulullah bersabdah yang artinya: “Perjuangan Aku didukung oleh pemuda, oleh sebab itu wasiatkan yang baik untuk mereka” . akan menjadi sesuatu yang lengkap jika pemuda tersebut juga mempunyai keimanan dan ketaqwaan. Sehingga bisa jadi tauladan bagi yang lainnya.
Sobat-sobatku yang budiman..
Kita sebagai pemuda harapan bangsa, maka kerahkan semua energi jiwa muda kita dengan semangat yang menggebu, keberanian yang tak pernah gentar, dan kekuatan yang tak pernah rapuh. Melakukan perubahan itu adalah tugas kita, masa depan bangsa dan negara ada ditangan kita. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, karena kita telah diberikan kepercayaan untuk mengarur bangsa kita, sekarang kita harus banyak belajar, belajar dan belajar agar bisa menjadi pemuda yang berkualitas dan bisa mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.
Share this article :

1 komentar :


Download

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. hanafi lanjar maibit blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger