Pages

Pages

Pages

Rabu, 10 Juli 2013

Tiga Kelompok Pemuda Masa Kini

Pemuda adalah harapan dan kebanggaan bangsa. Begitu banyak harapan dan cita-cita yang dibebankan di pundak para pemuda sejak zaman dulu hingga sekarang. Dulu para pemuda berjuang melawan penjajah. Sekarang mereka harus melawan penjajahan model baru dan ketertinggalan.
Ada beragam tingkah polah para pemuda masa kini. Kita bisa membagi para pemuda menjadi 3 kelompok yaitu:
1. Punya Arah
Pemuda yang sudah tahu arah hidupnya. Mereka sudah mengenal dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Dengan begitu waktu yang ada tidak digunakan sia-sia. Mereka terus berjuang dengan karya. Untuk meraih segala cita. Hidup mereka terarah. Mereka pemuda yang memanfaatkan waktu untuk terus belajar meningkatkan kemampuan. Tak heran banyak prestasi dan keberhasilan yang bisa mereka dapatkan.
Inilah generasi muda yang membanggakan orangtua. Merekalah harapan bangsa. Dambaan calon mertua. Kita bisa menyebutnya generasi wow.
2. Tak Tentu Arah
Pemuda yang belum tahu arah hidupnya mau kemana. Mereka masih terombang-ambing terbawa gelombang. Mudah terbang mengikuti kemanapun angin bertiup. Para pemuda seperti ini sangat tergantung kepada pergaulan. Mereka ikut-ikutan tergantung kepada apa yang dilakukan oleh teman-temannya. Tidak punya pendirian tak tahu arah tujuan.
Inilah generasi muda yang penuh dengan kebimbangan. Masih dalam masa pencarian. Sangat rentan dan labil, mudah dipengaruhi oleh pergaulan. Kita bisa menyebutnya generasi galau.
3. Salah Arah
Pemuda yang salah arah dalam menempuh jalan kehidupan. Mereka terlibat dalam banyak masalah. Mungkin karena tak ada yang menunjukkan arah. Kurangnya perhatian dan pembinaan dari orangtua. Akhirnya mereka lebih banyak belajar dari lingkungan dan pergaulan. Namun sayang mereka menemukan lingkungan dan pergaulan yang salah. Seks bebas, penyalahgunaan narkoba, tawuran dan beragam aktifitas kriminal seakan tak lepas dari keseharian mereka.
Inilah generasi yang harus diberikan banyak perhatian. Mereka perlu banyak bimbingan dan pembinaan. Kita harus membantu mereka melepaskan diri dari problema yang mendera. Kita bisa menyebutnya generasi kacau.
Itulah 3 kelompok pemuda saat ini. Anda termasuk kelompok pemuda yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar